Rabu, 29 Maret 2017

Proses Installasi Composer diLaragon

Dalam beberapa tahun belakangan, terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pemrograman php. Yakni munculnya dependencies manager yang bernama composer. Composer adalah sebuah project open source yang dimotori oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project composer ini dihost di github (https://github.com/composer/composer) tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang.

Kehadiran composer membuat ngoding php jadi lebih terstruktur dan lebih rapi. Banyak programmer terbiasa dengan bahasa pemrograman yang terstruktur, ketika pindah ke php, menemukan banyak hal yang rancu. Terutama dalam memanajemen struktur hirarki project. Sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menerapkan konsep OOP yang baik dalam php.



berikut ini tata cara Installasi composer Menggunakan Laragon, sebelumya di laragon ini sudah ada paket composernya tinggal kita mengupdate ulang dan mengaktifkan composer tersebut :

1. pertama buka terminal(command promt) pada laragon. dan masuk direktori file web anda misalkan saya \webseminar2. dan ketik perintah untuk mengupdate paket composer yang ada di laragon seperti perintah

pada gambar di bawah ini.



2. setelah di update, installasi paket composer tersebut yang sudah terupdate dengan perintah seperti pada gambar di bawah ini.









3. Proses update dan installasi composer via Laragon selesai :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar